Kisah Roman Abramovich: Anak Yatim Piatu Penjual Boneka Jadi Miliarder

Kamis, 24 Maret 2022 - 07:46 WIB
loading...
A A A
Abramovich mengantongi sekitar £1,8 miliar untuk bagiannya. Pada musim panas 1999 dia membantu Putin, yang telah bangkit dari mantan pria KGB yang kurang dikenal menjadi perdana menteri Rusia di bawah presiden Boris Yeltsin.

Menurut salah satu saksi mata, Abramovich ada di sana di latar belakang "mewawancarai" calon potensial untuk kabinet pertama Putin. Alexei Venediktov, dari Radio Ekho Moskow, mengenang: ''Saya berbicara dengan beberapa kandidat yang saya kenal dan saya bertanya kepada mereka apa yang mereka lakukan di sana.''

"Dan mereka berkata, 'Kami sedang melakukan wawancara'. Saya kemudian bertanya kepada mereka dengan siapa mereka akan diwawancarai dan mereka mengatakan bahwa, selain orang lain, mereka juga melakukan wawancara dengan Roman Abramovich."

Bca Juga: Ketika Kemesraan Andriy Shevchenko dan Roman Abramovich Dirusak Perang Rusia vs Ukraina

Abramovich kemudian akan mengabaikan wawancara itu sebagai "percakapan ramah". Pada akhir tahun itu, Yeltsin yang sakit-sakitan berhenti sebagai presiden dan digantikan oleh Putin, yang mendirikan partai politik Unity.

Menurut penulis biografi Dominic Midgley, Abramovich adalah mesin uang di partai baru. Dia terpilih sebagai gubernur wilayah Chukotka pada tahun 2000.
Baik Patarkatsishvili dan Berezovsky juga mendukung Putin untuk menjadi presiden pada Desember 1999. Sementara orang-orang itu secara terbuka menentang pemimpin Rusia di tahun-tahun berikutnya, Abramovich tidak pernah mengkritik orang yang pasukannya telah melakukan kejahatan perang di Georgia, Suriah, Chechnya, dan sekarang Ukraina.

Berezovsky melarikan diri ke Inggris pada tahun 2000 dan dituduh melakukan penggelapan di Rusia. Dia meluncurkan gugatan yang gagal terhadap Abramovich, mengklaim dia telah menggunakan "pemerasan" untuk mendapatkan bagiannya di Sibneft. Hakim memihak pemilik Chelsea, menemukan bahwa Berezovsky adalah saksi yang tidak dapat diandalkan. Berezovsky ditemukan gantung diri di rumahnya di Berkshire pada tahun 2013.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)