Arema FC vs Persebaya Surabaya: Perbandingan 2 Klub Raksasa Jawa Timur

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Jumlah market value atau nilai pasaran Persebaya turun drastis dibanding musim lalu yang total mencapai Rp117,76 miliar, dengan rataan individu masing-masing pemain mencapai Rp2,14 miliar.

Rizky Ridho menjadi pemain dengan Persebaya dengan nominal nilai jual terbesar berdasarkan laman situs transfermarkt, dengan Rp4,78 miliar.

Disusul dua pemain asing asal Brasil, Silvio Junior dan Leo Lelis dengan masing-masing bernilai Rp4,35 miliar. Kemudian menyusul pemain muda Marselino Ferdinan dengan Rp3,91 miliar.

Sedangkan di kubu Arema FC, penjaga gawang Adilson Maringa menjadi pemain dengan nilai pasar termahal yakni Rp6,08 miliar.

Kemudian disusul bek asing asal Portugal Sergio Silva serta pemain tengah asal Jepang Renshi Yamaguchi dengan nominal sama yakni Rp 5,21 miliar.

Sedangkan sosok Evan Dimas Darmono dan Adam Alis masih menjadi pemain lokal dengan nilai pasar terbesar. Keduanya sama-sama memiliki nilai pasaran Rp 4,35 miliar.

Dari sisi umur pemain, Persebaya lebih muda dengan rata-rata 22,49 tahun. Ada perubahan dari musim lalu yang 24,05 tahun. Sedangkan kisaran usia skuad Arema FC musim ini yakni 26,61 tahun, sedikit lebih tua dari sebelumnya.

Ini karena kedatangan beberapa pemain berpengalaman seperti Evan Dimas, Adam Alis, hingga Hasyim Kipuw yang berusia 35 tahun. Arema FC menyekolahkan pemain mudanya seperti Bramtio Ramadhan dan Muhammad Faiz ke tim Liga 2 Deltras Sidoarjo.

Strategi perekrutan pemain terlihat bagaimana manajemen Arema FC lebih bijak dalam memanfaatkan potensi pemainnya. Para pemain utama nyaris 55 persen dipertahankan.

Kebijakan berbeda dilakukan manajemen Persebaya. Ini membuat Aji tampak kesulitan mematangkan skuad mudanya di Liga 1 musim ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)