Di Tes Misano, KTM Makin Yakin dengan 4 Pengembangan Terbaru

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 05:17 WIB
Di Tes Misano, KTM Makin Yakin dengan 4 Pengembangan Terbaru
Di Tes Misano, KTM Makin Yakin dengan 4 Pengembangan Terbaru
A A A
MISANO - Mika Kallio, Karel Abraham dan Alex Hofmann bakal makin sibuk menguji sejumlah pengembangan terbaru dari motor KTM dalam sesi tes mereka berikutnya di Sirkuit Aragon pekan depan.

Ya, setelah berkesempatan menghadapi calon lawan di MotoGP 2017 saat melakukan uji coba bareng di Sirkuit Red Bull Ring bulan lalu. KTM pada awal pekan ini melaksanakan pengujian motor yang akan mereka pakai dalam debut musim depan di Sirkuit Misano.

Ini sekaligus menandai tes ke-10 bagi pabrikan asal Austria tersebut. Pada sesi tes di Sirkuit Misano, KTM ditemani oleh dua pabrikan asal Italia yang berkompetisi di MotoGP, Ducati serta Aprilia.

Memang ini bukan pertama kalinya KTM berada di lintasan Misano, karena sebelumnya mereka pernah menjajalnya pada Mei silam. Seperti dilaporkan GPOne, kali ini kondisinya disebut ideal.

Pasalnya, tiga pembalap tes mereka yakni Karel Abraham, Alex Hofmann dan Mika Kallio, semuanya berkesempatan mengaspal dengan motor KTM RC16 selama tiga hari, Senin (23/8) hingga Rabu (25/8).

Mike Leitner, wakil presiden tim KTM MotoGP berkata kepada jurnalis yang hadir di tes Misano: “Tesnya sekali lagi amat membantu performa motor kami, walau sedikit demi sedikit. Publik sudah berharap lebih dari kami usai menjajal pengembangan terbaru. Tapi kami tidak boleh lupa kalau kami masih belum genap setahun melakukan ini sejak tes resmi pertama kami pada Oktober tahun lalu.”

“Kami harus melanjutkan pekerjaan rumah kami dengan sebaik mungkin. Karena hanya dengan begitu, akan mengantar kami ke level di mana kami bisa memulai start di Doha (GP Qatar) 2017. Kami melanjutkan untuk mengumpulkan sejumlah masukan yang amat berharga guna terus mengembangkan pengembangan motor ke tahap berikutnya,” imbuh Leitner.

Sedang direktur teknik tim KTM MotoGP, Sebastian Risse, menjelaskan lebih detil mengenai hal-hal apa yang telah diselesaikan oleh mereka saat tes Misano.

“Hampir semuanya (pengembangan) terbaru ada di sini, mulai dari sasis, full fairing, termasuk sisi aerodinamika, juga dari sisi ergonomis. Di akhir tes hari ketiga, komponen terbesar dari pengembangan motor kami telah menunjukkan potensinya. Dan tentu saja kami amat senang dengan ini. Sekarang, kami harus menyatukan semua ini dan menjajalnya pula di sirkuit lainnya. Karena pekan depan kami ada di Sirkuit Aragon,” kata Risse menambahkan.

Lantas bagaimana dengan komentar para pembalap penguji KTM? Terlebih seorang Mika Kallio yang sempat terjatuh saat tes di Misano kali ini.

“Kami menjalani awal yang bagus saat melakukan tes ini dan simulasi balapan. Tapi setelah kecelakaan saya yang terjadi di kecepatan tinggi pada pertengahan hari kedua tes, amat disayangkan telah memunculkan masalah kecil. Sekali lagi, semuanya telah mempelajari banyak hal dan saya sudah memacu motor hingga batasnya. Melihat hasil catatan waktunya, dari tes di Red Bull Ring dan juga pengujian di Misano sebelumnya. Kali ini kami mampu meningkatkan catatan waktu hingga lebih cepat sekitar dua detik. Fairing, tangki dan sasis baru tidak terlalu signifikan mempengaruhi kecepatan saya di sini. Namun saya pikir, kami punya sejumlah ide cemerlang buat pengujian di Aragon pekan depan,” ulas Kallio.

Sementara itu, Karel Abraham yang ikut tes kali ini adalah untuk menggantikan pembalap penguji KTM lainnya, Thomat Luthi, yang menderita cedera saat balapan GP Republik Ceko, di Sirkuit Brno, akhir pekan lalu.

“Saya telah menjajal banyak hal, setelan dan elektronik. Sungguh sesi yang melelahkan bagi saya, tapi saya juga bersenang-senang dan merasa kami telah membuat sebuah langkah maju lagi,” sembur Karel.

Bagaimana dengan komentar Alex Hofmann yang juga amat sibuk di tes kali ini: Ini merupakan tes saya yang sebenarnya dengan RC16. Kami memacu motor sehari penuh dan melahap 92 putaran dalam kondisi yang sempurna walau saya agak merasa tidak banyak ada masalah, yang mana itu menunjukkan pertanda positif. Motor RC16 sendiri terlihat oke setelah mengalami perubahan dan saya benar-benar merasa terkesan dengan sejumlah pekerjaan yang dilakukan oleh tim. Kami sekarang berada pada level di mana kami dapat dengan yakin berkata bahwa tiket wild card datang tepat pada waktunya.”
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9325 seconds (0.1#10.140)