Dunia tinju Indonesia amburadul

Kamis, 18 Juli 2013 - 17:16 WIB
Dunia tinju Indonesia amburadul
Dunia tinju Indonesia amburadul
A A A
Sindonews.com – Kasus kerusuhan pertandingan Nabire yang menewaskan 18 penonton membuat badan tinju dunia WBC memperpanjang sanksi bagi Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan tinju internasional di bawah badan tinju mereka.

Tahun lalu, WBC sudah memberikan sanksi untuk keduakalinya bagi Indonesia atas kematian beberapa petinju professional. "WBC sudah memutuskan sanksi bagi Indonesia sampai otoritas olahraga Indonesia menerima tanggung jawab hanya mengakui satu badan tinju yang terlatih,” ujar Jose Sulaiman, Presiden WBC dilansir situs resmi WBC, Kamis (18/7/2013).

Dikatakan Sulaiman, dunia tinju di Indonesia sama sekali amburadul dan tidak terkontrol. Dirinya bahkan mengaku sudah mengirimkan surat kepada menteri pemuda dan olahraga (Roy Suryo) dan juga Presiden RI untuk bisa mengatur olahraga tinju dengan baik.

“Tinju (Indonesia) sekarang total berada di tangan promotor dan pelatih. Ada lima komisi tinju di sana. Hal yang sama terjadi di amatir. Sama sekali tidak terkendali. Apa yang terjadi di Papua (Nabire) sama sekali tidak bisa diterima,” terangnya.

Sulaiman juga mengetahui insiden itu terjadi akibat keputusan juri yang memenangkan seorang petinju dan kemudian ditentang banyak penonton. Setelah itu kericuhan muncul dimana mulai ada bangku dilemparkan ke ring tinju dan terjadi perkelahian. Penonton kemudian berebutan keluar GOR. Dari korban yang tewas banyak diantaranya adalah wanita.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7326 seconds (0.1#10.140)