Sejarah Stadion Olimpiade Berlin, Venue Final Euro 2024 Warisan Hitler

Jum'at, 12 Juli 2024 - 16:00 WIB
Setahun sebelum Jerman melakukan invasi ke Polandia pada 1938, sepak bola Inggris menyerah kepada praktik politik yang paling buruk. Jelang pertandingan persahabatan melawan Jerman, Kementerian Luar Negeri Inggris mengirim surat kepada FA untuk meminta para pemain melakukan ‘implikasi politik yang lebih luas’.



Malam sebelum pertandingan, FA dan Pemerintah memberitahu kepada para pemain untuk melakukan penghormatan Nazi ketika Lagu Kebangsaan dimainkan. Sekretaris FA saat itu, Stanley Rous bersikeras para pemain tidak merasa keberatan. Namun banyak pihak yang marah dan menepis pernyataan tersebut.



Stan Cullis dari Wolves menolak untuk mematuhi dan dikeluarkan dari tim. Stanley Matthews mengklaim, “Ruang ganti meledak. Semua pemain sangat marah.”

Matthews mengatakan foto terkenal itu membuatnya merasa malu seumur hidup. Meski Inggris meraih kemenangan 6 - 3 atas Jerman. Pada 1984, empat tahun paska meninggalnya Owens, jalan menuju stadion diubah menjadi Jesse-Owens-Alle sebagai bentuk penghormatan.

Satu noda hitam dunia olah raga sedikit menghilang. Pada Minggu (Senin dini hari WIB) Gareth Southgate dan para pemainnya memiliki kesempatan untuk menghapus satu dosa lagi di Stadion Olimpiade.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More