Kisah 5 Mantan Pemain Timnas Indonesia setelah Menjadi Mualaf

Selasa, 01 Februari 2022 - 09:31 WIB
Markus Haris Maulana dahulu bernama Markus Horison Ririhena yang lahir di Pangkalanbrandan pada 14 Maret 1981. Markus dikenal sebagai mantan kiper tim nasional yang banyak membela klub Liga Indonesia.

Nama Muhammad Haris Maulana diperolehnya setelah berhijrah memeluk Islam pada 2004. Kala itu, Markus yang sering bernampilan plontos mendapatkan hidayah Allah Taala saat usianya 25 tahun. ''Saya memutuskan masuk Islam tanpa ada paksaan dari siapapun,''kata Markus dalam sebuah wawancara mengenai keputusannya mualaf.

Kendati sudah bergantyi nama Muhamamd Haris Maulana, tetapi penggemar sepak bola masih lebih mengenalnya sebagai Markus Horison. Markus pernah menikah dengan artis Kiki Amalia tapi sudah bercerai. Kini, dia hidup bahagia bersama Bilqis Juwitaningsih dalam menjalankan ajaran Islam.

3. Diego Michiels

Publik bola Tanah Air pernah dihebohkan dengan program naturalisasi atau pewarganegaraan pemain negara lain untuk membela Timnas Indonesia. Diego Michiels adalah satu dari sejumlah pemain negara lain yang dinaturalisasi menjadi WNI.

Diego Michiels mendapatkan pengalaman spiritual berhijrah ketika menjalani sidang kasus pengeroyokan. Diego Michiels yang sempat menjalin asmara dengan Nikita Willy itu memmbaca syahadat menjadi mualaf saat menjalani sidanag di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 7 Februari 2013. Setelah memeluk Islam, Diego Michiels mengubah namanya menjadi Diego Muhammad bin Robbie Michiels.

4. Cristian Gonzales

Seperti halnya Diego Michiels, pemain naturalisasi Cristian Gonzales juga menjadi mualaf setelah berpetualang di Liga Indonesia. Pengalaman spiritual El Loco --julukan Cristian Gonzales--diawali saat membela PSM Makassar.



Pada 2003, striker kelahiran Uruguay memutuskan memeluk Islam. Gonzales mendapat hidayah Allah Taala melalui istrinya Eva Siregar yang sering berwudhu. Gonzales yang akhirnya mantap bersyahadat pada 9 Oktober 2003 di Surabaya. Setelah mualaf, Gonzales mengganti namanya menjadi Mustafa Habibi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More