alexa snippet

BWF World Junior Championships 2017

Alyssa Tirtosentono, Pebulu Tangkis Belanda Cetakan Indonesia

Alyssa Tirtosentono, Pebulu Tangkis Belanda Cetakan Indonesia
Alyssa Tirtosentono mencuri perhatian pecinta bulu tangkis di perhelatan World Junior Championships 2017. Ia adalah pemain Belanda keturunan Indonesia. Foto : Badmintonindonesia
A+ A-
YOGYAKARTA - Tampaknya pemain berdarah Indonesia yang menjadi atlet di Eropa tidak hanya di dominasi pesepak bola. Di cabang bulu tangkis ada nama Alyssa Tirtosentono yang mencuri perhatian di perhelatan BWF World Junior Championships 2017 yang sedang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Dari nama hingga paras tentu semuanya akan menebak jika pebulu tangkis putri ini adalah pemain Indonesia. Tapi, ketika diajak bicara,jangan berharap akan keluar bahasa Indonesia dari mulut Alyssa.

"Kakek dan nenek saya orang Jawa, tapi saya tidak bisa berbahasa Indonesia," kata Alyssa sembari tersipu dilansir Badmintonindonesia, Selasa (10/10/2017).

Nah, baru ketahuan bermain untuk negara mana Alyssa. Pemain ganda putri salah satu andalan Belanda. Dari dua laga di Grup F1,  Alyssa dua kali menyumbangkan angka buat Belanda. Itu terjadi ketika berpasangan dengan Debora Jille saat mengalahkan pasangan Filipina, Sarah Joy Bredo/Alyssa Gaverjuan 21-14, 21-14. Aksi menawan ini kembali dipertahankan saat Alyssa dan Jille dengan meraih satu angka saat Belanda dikalahkan Thailand 1-4.

Sebagai tanah nenek moyangnya, Alyssa mengaku bukan sekali ini saja menginjakan kakinya di tanah air. Sudah dua kali ia datang ke Jakarta mengunjungi familinya untuk berlibur.

Apa yang tak bisa dilupakan dari Indonesia? "Di sini makanannya enak-enak, saya suka nasi goreng, sate, pisang goreng,"ungkap Alyssa.

Alyssa pun bercerita bagaimana ia pertama kali terjun ke dunia bulu tangkis. Kecintaan keluarganya terhadap olahraga ini, membuat Alyssa ikut bermain bulutangkis.

"Keluarga saya bermain bulu tangkis, dan saya pikir rasanya cukup keren bermain bulutangkis. Jadi saya putuskan untuk ikut bermain," ujar atlet kelahiran 29 Mei 2000 tersebut.

Alyssa juga ternyata mengidolakan pemain bulu tangkis asal Indonesia, yaitu Greysia Polii. "Dia merupakan pemain putri yang bagus. Tekniknya bagus dan dia juga pintar," kata Alyssa.

Mengenai target, Alyssa berharap bisa turun memperkuat Belanda di Olimpiade. "Saya ingin bermain Olimpiade, tapi sebelum itu tentunya di Kejuaraan Eropa dan Kejuaraan Dunia dulu," kata pemain ganda putri merangkap ganda campuran tersebut.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top