alexametrics

Kakak Tertua dari Keluarga Petinju Smith Menyatakan Pensiun

loading...
Kakak Tertua dari Keluarga Petinju Smith Menyatakan Pensiun
Keluarga petinju Smith, (dari kiri ke kanan) Callum, Paul, Liam and Stephen Smith. / Foto: British Boxing News
A+ A-
LIVERPOOL - Kakak tertua dari keluarga petinju Smith, Paul Smith, baru-baru ini, resmi menyatakan gantung sarung tinju. Mantan penantang gelar dunia kelas menengah super tiga kali itu memutuskan pensiun dari olahraga yang membesarkan namanya ketika usianya belum genap 36 tahun.

Penampilan terakhir pria kelahiran Liverpool, 6 Oktober 1982 di dalam ring terjadi pada Juni tahun lalu. Melakukan perjalanan ke Jerman untuk menantang juara kelas menengah super reguler WBA, Tyron Zeuge, Smigga menderita kekalahan angka mutlak.

Kekalahan tersebut menghentikan tren tiga kemenangan beruntun mantan juara kelas menengah dan kelas menengah super Inggris Raya. Saat menyatakan pensiun, Smith tercatat telah menjalani 45 pertempuran tinju dengan hasil 38 kemenangan (22KO) dan tujuh kekalahan.

"Hari ini menandai setahun sejak pertarungan terakhir saya, jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan pensiun saya dari tinju," ungkap Smith dikutip Liverpool Echo.

Dalam kekalahan melawan Zeuge, terdapat sesuatu pikiran yang menggelayut di kepala Smith. Dia berpikir jika tubuhnya sudah tidak bisa lagi untuk bertarung, dan usianya juga sudah mendekati kepala empat. "Laga itu tidak akan menjadi masalah bagi saya setahun sebelumnya," katanya.

"Saya memecahkan ligamen di tangan kanan untuk menambahnya, membutuhkan operasi, yang kelima dari karier saya. Tangan butuh waktu lama untuk kembali mendapat kekuatan, tetapi pikiran saya berubah setelah pertarungan," jelasnya.

"Saya berbicara dengan istri saya dan saudara-saudara saya dan keputusan (pensiun) itu, meskipun sulit untuk mengatakannya dengan keras, tidak sulit untuk dibuat. Saya sehat dan saya bahagia," imbuhnya.

Selain menghadapi Zeuge pada laga perebutan gelar dunia, Smith juga sempat merasakan dua kekalahan beruntun saat mencoba menantang juara WBO, Arthur Abraham.

Dalam keluarga Smith, selain Paul terdapat juga petinju-petinju cukup tangguh lainnya, yakni petinju kelas menengah super tak terkalahkan, Callum Smith; mantan juara kelas menengah junior WBO, Liam Smith; dan pesaing kelas bulu super, Stephen Smith.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak