alexametrics

Dua Bintang La Masia Ini Bikin Pelatih Valverde Dilematis

loading...
Dua Bintang La Masia Ini Bikin Pelatih Valverde Dilematis
Dua Bintang La Masia Ini Bikin Pelatih Valverde Dilematis
A+ A-
BARCELON - Memiliki pemain melimpah bisa membuat pelatih dilanda dilema. Itu dialami Ernesto Valverde di Barcelona. Struktur yang telah dibangunnya kini terusik oleh kebangkitan tim akademi, La Masia. Indikasi itu terlihat selama dua laga terbaru Barcelona.

Dari beberapa talenta muda yang sempat diturunkan, dua di antaranya menyita perhatian. Pertama adalah Carles Alena. Gelandang berusia 20 tahun itu mencetak satu gol saat mengalahkan Villarreal 2-0 di Primera Liga, Senin (3/12).

Yang kedua adalah Riqui Puig. Sempat mencuat saat tur pramusim, Puig tampil memukau pada debut bersama tim senior Barcelona.

Dia memberikan assist terhadap gol Denis Suarez ketika menggasak Cultural Leonesa 4-1 pada leg kedua babak 32 besar Copa del Rey, Kamis (6/12). Publik bahkan menganggap Puig punya kemampuan serupa dengan dua legenda lini tengah Barcelona, yaitu Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Pujian juga diberikan Valverde. Dia menilai Puig merupakan pemain bertalenta dan bisa menjadi aset besar di masa mendatang.

“Kami senang dengan penampilan Puig. Dia adalah pemain yang selalu terlibat dalam permainan dan selalu menginginkan bola. Tapi, Anda harus bersabar dengan pemain muda,” ujar Valverde, dilansir Marca.

Valverde mengaku sangat puas dengan performa timnya, terutama ketika bentrok Leonesa. Saat itu, dia menurunkan sebagian besar pemain muda.

“Duel kontra Cultural Leonesa menjadi kesempatan besar bagi tim Barcelona B. Mereka membayar kepercayaan itu dengan performa terbaik,” ucapnya. Munculnya Alena serta Puiq menjadi bukti bahwa anak didik La Masia masih layak diperhitungkan.

Pasalnya, sejak melahirkan bintang besar macam Xavi, Iniesta, Sergio Busquets, Lionel Messi, hingga Gerard Pique, La Masia seolah tenggelam. Alih-alih mewarnai tim utama, jebolan La Masia sulit berkembang dan lebih banyak mengadu nasib ke klub lain.

Di sisi lain, bangkitnya La Masia membuat Valverde berada pada situasi dilematis. Patut dinantikan apakah dia berani memberikan porsi lebih banyak kepada pemain-pemain mudanya. Karena, hanya Sergi Roberto mampu bertahan dalam ketatnya persaingan di tim utama Barca.

Selain Alena dan Puig, Munir El-Haddadi serta Denis Suarez juga layak mendapatkan kesempatan tampil reguler. Laga Derby Barcelona melawan RCD Espanyol pada lanjutan Primera Liga di RCDE Stadium, dini hari, bisa dimanfaatkan Valverde untuk mengetahui sejauh mana kemampuan amunisi mudanya.

Absennya Rafinha selama enam bulan karena cedera lutut serta Malcom membuat kesempatan Alena diturunkan terbuka lebar. Alena dan Puig bisa menjadi alternatif jika El Azulgrana membutuhkan kreativitas di lini tengah.

Sebagian besar pemain utama yang diistirahatkan melawan Cultural kemungkinan besar kembali menjadi starter. Valverde juga mendapatkan kabar baik mengenai Luis Suarez dan Arthur Melo. Keduanya diberitakan telah kembali berlatih bersama tim utama.

Barcelona bertekad membawa pulang kemenangan guna mempertahankan takhta klasemen sementara Primera Liga. Saat ini, mereka hanya unggul satu poin dengan Sevilla yang mendulang 27 poin dan berjarak tiga poin dari Atletico Madrid.

Ambisi itu mungkin saja dipenuhi Barcelona lantaran Espanyol belum meraih kemenangan selama tiga laga terakhir Primera Liga. Imbasnya, Periquitosmelorot ke urutan ke tujuh klasemen semen tara dengan 21 poin.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak