alexametrics

Formula One Tiga Tim Bakal Dominasi Formula One Hingga 2021

loading...
Formula One Tiga Tim Bakal Dominasi Formula One Hingga 2021
Formula One Tiga Tim Bakal Dominasi Formula One Hingga 2021
A+ A-
BANBURY - Romain Grosjean tidak pernah memiliki keyakinan bisa memenangkan balapan Formula One (F1) sebelum musim 2021. Pembalap asal Prancis itu tetap bersikukuh bahwa pembalap yang berada di luar tiga tim besar akan sulit berada di podium. Selama lima tahun terakhir, tidak ada tim di luar Mercedes, Ferrari, dan Red Bull yang memenangkan perlombaan.

Namun, Grosjean memiliki harapan yang tinggi ketika aturan F1 akan melakukan perombakan besar pada 2021. Hal itu untuk kepentingan sudut pandang penggemar dan menutup celah antara tim-tim top dengan tim biasa.

“Saya pikir F1 perlu menjadi lebih baik karena memiliki lebih banyak peluang untuk memenangkan balapan. Saya tidak berpikir itu akan terjadi sebelum 2021,” kata Grosjean, dilansir gpblog. “Jika melihat balapan di lini tengah tahun lalu cukup mengasyikkan, banyak pergantian, dan kemudian ada balapan lain di depan. Idealnya, Anda ingin tim sebanyak mungkin berjuang untuk menang,” ujarnya.



Sejak kedatangannya ke F1 pada 2016 lalu, Tim Haas telah menjalani pasang surut pada peringkatnya. Pada musim 2018 mungkin menjadi yang terbaik dalam tiga tahun terakhir. Grosjean dan partnernya, Kevin Magnussen, berhasil menempati posisi kelima dengan mengumpulkan 93 poin. Hal itu menunjukkan bahwa timnya bisa lebih baik pada tahun ini.

Grosjean menegaskan pemiliknya, Gene Haas, ingin melihat mereka mengambil langkah yang lain dalam mencoba menerobos ke papan atas F1. Namun, dia menyadari hal itu tak akan mudah dilakukan dengan kondisi yang sekarang. Pembalap berusia 32 tahun ini pun menilai jika ingin sesuatu yang berbeda maka F1 perlu diubah.

"Saya pikir orang-orang seperti Gene juga ingin melihatnya di F1. Apa gunanya selalu berada di belakang yang sama? Tapi, pada saat ini saya pikir itu akan menjadi hal yang sama,” ucap Grosjean.

Grosjean menjelaskan perkembangan teknologi menjadi pemicu perjuangan tim-tim kecil semakin berat untuk mengejar tiga tim terkuat F1 itu. Apalagi, Ferrari, Mercedes, dan Red Bull memiliki dana yang melimpah untuk membangun tim yang sangat kuat. Karena itu, mantan pembalap Renault ini berharap ada perubahan besar di masa depan.

“Ferrari mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan anggaran mereka untuk tahun ini. Red Bull mengatakan bahwa mereka menghabiskan banyak uang di sayap depan. Mercedes juga telah bekerja sangat keras. Tapi, jangan salah, kami belum tidur. Saya pikir selama masih ada sumber daya yang berbeda di antara tim, pasti selalu ada perbedaan dalam perkembangan,” tandasnya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak