alexametrics

R2 Solo Libas Mitra Manakarra, Trofi Juara LB U16 Pindah ke Jawa Tengah

loading...
R2 Solo Libas Mitra Manakarra, Trofi Juara LB U16 Pindah ke Jawa Tengah
R2 Solo yang mewakili Jawa Tengah akhirnya keluar sebagai juara LBU 16 setelah mengalahkan Mitra Manakarra. Foto : Ist
A+ A-
TANGERANG - Trofi juara Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 pindah ke Provinsi Jawa Tengah. Tahun ini gelar juara seri nasional diraih R2 Solo, wakil dari Jawa Tengah.

Dalam pertandingan final di Stadion Mini Cisauk, Kab. Tangerang, R2 Solo mengalahkan Mitra Manakkara Mamuju, perwakilan Sulawesi Barat. Pertandingan final itu dimenangi RS Solo dengan skor 2-0.

R2 bermain penuh percaya diri dalam pertandingan final yang disaksikan sekitar 600 penonton tersebut. Mereka tidak gentar dengan catatan Mitra Manakarra, yang di semifinal menyingkirkan Persebaya sebagai juara Jawa Timur.



Skuat R2 sudah mencetak gol pada menit kedua. Gol dihasilkan Muh. Rohan F yang di akhir pertandingan terpilih sebagai pemain terbaik Seri Nasional LBU16 2019.

Kemudian gol kedua Jawa Tengah tercipta pada menit ke-13. Kali ini gol disumbangkan Guntur Saputro.

Unggul dua gol dalam tempo relatif cepat, membuat mental bermain skuat Jawa Tengah terangkat.

Sebaliknya pasukan dari Sulawesi Barat tampak banyak mengalami sial. Beberapa kali tembakan menerpa mistar gawang. Termasuk peluang dari hadiah penalti di babak kedua, yang mampu digagalkan kiper R2, Nova Romadhona.

Akhirnya pertandingan 2x25 menit ini dimenangi R2 Solo. Trofi juara berpindah ke Jawa Tengah, setelah tahun lalu dipegang DKI Jakarta lewat Trisakti FC.

LBU 16 sebelumnya bernama Liga Pelajar U-16. Kompetisi yang digelar sejak seri region kabupaten/kota, seri provinsi, lalu seri nasional ini berlangsung sejak 2016. Juara edisi pertama adalah Persib (Jawa Barat), disambung tahun kedua diraih Fanshop Bandung (Jawa Barat).

Tahun ini penyelenggaraan seri nasional dipusatkan di Banten. Berlangsung pada 1-5 September 2019 di berbagai stadion dan lapangan wilayah Banten.

Kabid Olahraga Menengah Asdep Ordik Kemenpora, Ary Moelyadi, yang menutup final LBU16 2019 di Csauk mengucapkan selamat kepada tim juara. Bagi yang belum mampu meraih juara, masih ada kesempatan di tahun-tahun berikutnya.

"Kami menyambut positif penyelenggaraan seri nasional tahun ini yang bisa mendatangkan 34 tim, sebagai perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia," kata Ary Moelyadi.

"Selamat kepada tim juara, semoga gelar tahun ini bisa menambah motivasi. Bagi tim yang belum berhasil juara, juga harus tetap bersemangat dan giat berlatih," tuturnya.

LBU 16 2019 diselenggarakan Kemenpora RI dengan operator dari Manajemen Kompetisi (MK). Direktur MK sekaligus Koordinator Pelaksana Nasional LBU16 2019, M. Kusnaeni atau Bung Kus, menilai persaingan di kompetisi ini makin ketat. Gengsi juga bertambah tinggi.

"Yang membanggakan kami dari Seri Nasional kali ini adalah kehadiran 34 tim dari provinsi di seluruh Tanah Air. Ini bersejarah dan baru pertama kalinya terjadi," kata Bung Kus.

"Semoga tahun depan kami bisa mempertahankannya. Walaupun penyelenggaraan berikutnya, sesuai rencana, akan digilir ke luar Pulau Jawa," ia menambahkan.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak