Ambisi Murray Ingin Hattrick Emas Olimpiade

Jum'at, 27 November 2020 - 14:29 WIB
loading...
Ambisi Murray Ingin Hattrick Emas Olimpiade
Andy Murray berharap bisa tampil di Olimpiade Tokyo 2020 tahun depan dan mencatatkan hattrick medali emas. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Andy Murray berharap bisa tampil di Olimpiade Tokyo 2020 tahun depan. Mantan petenis nomor satu dunia itu membidik hattrick medali emas pada ajang multievent terbesar di dunia tersebut.

Keinginan Murray memang terbilang sangat berat. Sebab petenis yang sekarang berada di peringkat ke-119 itu dunia kerap mengalami cedera dalam dua tahun terakhir. Meski sudah mulai tampil di atas lapangan, performanya belum konsisten sejak turnamen kembali berlangsung pascapandemi korona (Covid-19) Maret lalu. (Baca: Ketika Ujian Kekurangan Harta Menerpa)

Murray berharap tahun depan bisa kembali bermain dengan baik. Apalagi dia memiliki target tinggi, yaitu mempertahankan medali emas Olimpiade. Sebelumnya petenis berusia 33 tahun itu sukses merebut 2 medali emas Olimpiade pada 2012 (mengalahkan Roger Federer) di London dan 2016 (mengalahkan Juan Martin del Potro) di Rio De Janeiro.

“Saya ingin sekali berlaga di Olimpiade lagi. Itu akan sangat besar bagi saya dan menjadi salah satu prioritas teratas tahun depan. Saya ingin bermain di Wimbledon lagi, sama dengan Australia Terbuka, dan kemudian jika bugar saya akan bersemangat untuk pergi dan mencoba meraih medali lain di Tokyo,” kata Murray seperti dilansir olympicchannel.

Selain itu Murray ingin kembali bermain di ajang grand slam di mana dirinya sudah mencicipi 3 gelar juara. Amerika Serikat Terbuka 2012 menjadi yang pertama diraihnya saat mengalahkan Novak Djokovic. Setelah itu dia juga meraih gelar Wimbledon pada musim 2013 (mengalahkan Djokovic) dan 2016 (mengalahkan Milos Raonic). (Baca juga: Mendikbud: Hak untuk Guru Akan Terus Diperjuangkan)

Petenis kelahiran Glasgow, Skotlandia, 15 Mei 1987 itu secara konstan mampu menembus peringkat pertama dunia pada 2016. Setelah itu prestasinya mulai mengalami penurunan, termasuk menderita cedera panggul yang membuatnya beberapa kali menjalani operasi.

Kondisi itu memaksanya untuk vakum selama beberapa bulan dari turnamen. Meski begitu dia tetap optimistis untuk bisa kembali meraih kemenangan.

“Saya belum melupakan bagaimana bermain tenis. Saya telah cukup melihat batas dari jumlah pertandingan yang saya lakoni musim lalu, dari turnamen di Asia sampai di Antwerp musim lalu, dan pertandingan yang saya lakoni di New York musim ini,” ujar Murray.

Petenis yang telah meraih 46 gelar ATP itu mengetahui dengan pasti apa yang dia butuhkan untuk bisa kembali tampil apik. Jika berhasil kembali mendapatkan kondisi terbaik dan merasa bugar, dia optimistis bisa berkompetisi di level tertinggi. Sebab persaingan tenis putra sekarang mulai sengit setelah ada generasi baru yang mengancam petenis-petenis elite dunia. (Baca juga: 5 Fakta Menarik Perilaku Traveling di Liburan Akhir Tahun)

“Saya tahu saya akan tampil dan memenangi pertandingan besar jika saya bisa sepenuhnya bugar dan sehat dan itulah mengapa saya terus berlatih serta menghindari cedera apa pun pada musim mendatang,” ucap Murray.

Selain Murray, juara AS Terbuka 2020 Dominic Thiem juga berharap bisa berpartisipasi pada Olimpiade 2020 Tokyo yang rencananya mulai berlangsung pada 23 Juli 2021. Dia juga sangat yakin bisa merebut medali di event akbar tersebut. Hal itu dilihat dari performanya yang sedang mengalami peningkatan pada tahun ini.

Selain juara grand slam pertama dalam kariernya, Thiem juga berhasil mencatatkan hasil bagus di beberapa turnamen 2020. Selain menjadi finalis Australia Terbuka, dia juga menjadi runner-up di ATP Finals.

Meski mengakhiri musim tidak terlalu bagus, petenis berusia 27 tahun itu ingin beristirahat dan mempersiapkan diri untuk musim 2021, termasuk tampil di Olimpiade. (Lihat videonya: Satu Desa Positif Terpapar Covid-19 di Purbalingga)

“Saya akan berpartisipasi di Olimpiade musim panas di Tokyo. Saya telah memikirkannya untuk jangka waktu yang lebih lama dan tahun depan akhirnya cocok dengan jadwal turnamen saya,” ucap Thiem. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8982 seconds (0.1#10.140)