Jejak Sejarah Indonesia Juara Bersama Myanmar di Piala Asia U-20

Rabu, 14 September 2022 - 18:52 WIB
loading...
A A A
Indonesia mengerahkan 18 pemain terbaiknya yang terdiri dari Hardi Purnomo, Faisal Jusuf, Sonny Sandra, Idris Mappakaja, Rasjid Dahlan, Ipong Silalahi, Willem Souw, Djumadio, Andjiek Alinurdin, dan Bob Hippy. Kemudian ada Kuswanadji, Pirngadi, Suwardjo, M Bogor, Saptono, Hussein, Suparno, dan Agam. Pertandingan tersebut berlangsung dari 10-20 April 1961 di Bangkok, Thailand.

Pada laga penyisihan, Indonesia yang dilatih Toni Pogacnik dan Djamiat Dalhar ini berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0 dan menang atas Jepang dengan skor 2-1. Kemudian, Indonesia juga berhasil keluar dengan hasil imbang pada pertandingan melawan Korea Selatan dengan skor 2-2, sementara melawan Singapura menghasilkan skor 1-1. Kemenangan itu membawa Indonesia ke laga final Piala Asia.

Di sisi lain, Myanmar juga berhasil menjadi juara pada pertandingan klasifikasi di Grup B. Kemenangan tersebut membuat kedua negara pemenang, yaitu Indonesia dan Myanmar bertemu pada pertandingan final.

Pertandingan final yang berjalan selama 2x45 menit tersebut berakhir seri. Laga antara Indonesia dengan Myanmar saat itu hanya menghasilkan skor kacamata alias 0-0.



Berdasarkan hasil tersebut, Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej memutuskan untuk menghadirkan dua pemenang. Saat itu, pertandingan bola belum mengenal perpanjangan waktu, sehingga gelar juara pun diberikan kepada Indonesia dan Myanmar. Hasil akhir menyatakan bahwa Indonesia menjadi juara pada Grup A, sedangkan Myanmar menjadi juara pada Grup B.

Di tahun yang sama, skuad asuhan Toni Pogacnik juga menorehkan prestasi di dua kejuaraan lainnya. Dia membawa para penggawa Timnas Indonesia menjadi juara pada Pestabola Merdeka 1961 di Malaysia.

Indonesia berhasil menang seusai mengalahkan Malaysia dengan skor 2-1 di babak final. Timnas Indonesia juga berhasil keluar sebagai juara pada turnamen Aga Khan Gold Cup 1961 yang diadakan di Bangladesh.

Saat itu, Timnas Indonesia pesta gol karena berhasil membobol gawang lawan dengan skor 5-0 di pertandingan final. Hasil akhir ini membawa Indonesia meraih kemenangan telak atas Pakistan.

Tahun 1961 menjadi masa emas bagi dunia sepak bola Indonesia. Di bawah asuhan pelatih asal Kroasia, Toni Pogacnik, Indonesia menorehkan beragam prestasi yang luar biasa dan dikenang hingga kini. Sayangnya, Indonesia tidak bisa mempertahankan gelar juara Piala Asia di tahun berikutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4857 seconds (0.1#10.140)