5 Fakta tentang Wasit dan Juri pada Duel Mayweather vs Berto

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 13:16 WIB
5 Fakta tentang Wasit dan Juri pada Duel Mayweather vs Berto
5 Fakta tentang Wasit dan Juri pada Duel Mayweather vs Berto
A A A
LAS VEGAS - Pemilihan Kenny Bayless sebagai wasit pada duel Floyd Mayweather kontra Andre Berto oleh Komisi Atletik Nevada menimbulkan perdebatan. Penugasan pria berusia 64 tahun pada pertarungan unifikasi sabuk juara dunia kelas welter versi WBA dan WBC di MGM Grand pada 12 September, membuat semua orang semakin yakin jika The Money hanya ingin menjaga dan menyamai rekor tak terkalahkan milik Rocky Marciano.

Di telinga Mayweather, Bayless bukanlah wasit yang asing. Karena dia pernah memimpin pertarungan petinju tak terkalahkan Amerika Serikat sebanyak enam kali dan lima diantaranya melawan Marcos Maidana, Canelo Alvarez, Shane Mosley, Oscar De La Hoya, dan terakhir Manny Pacquiao. (Baca juga: Kenny Bayless Wasit Duel Mayweather vs Berto)

Kendati demikian, Komisi Atletik Nevada tak sekedar asal memilih wasit di pertarungan Mayweather versus Berto. Mereka sudah tentu mempertimbangkan sejumlah aspek sebelum menjatuhkan keputusan untuk memilih Bayless dan ketiga juri Adalaide Byrd, Dave Moretti, dan Steve Weisfeld.

Berikut SINDOnews mencoba merangkum lima hal yang belum diketahui tentang wasit Kenny Bayless dan ketiga juri Adalaide Byrd, Dave Moretti, dan Steve Weisfeld, Sabtu (29/8/2015).

1. Kenny Bayless wasit paling disegani

Bayless, 64, adalah salah satu wasit yang paling dihormati dalam olahraga tinju. Dia memulai kariernya sejak 1991 dan ia tercatat memiliki rekor 101 memimpin pertarungan bergengsi. Terakhir, ia memimpin mega duel Mayweather melawan Pacquiao pada Mei lalu.

2. Bayless mempunyai ciri khas dalam memimpin pertarungan tinju

Ada satu ciri khas yang melekat pada diri Kenny Bayless, yakni perkataan 'Apa yang saya katakan Anda harus patuhi.' Mungkin perkataan itu sudah ratusan kali ia katakan dan Mayweather tampaknya sudah tak asing lagi dengan hal itu. Tradisi itu selalu dilakukan Bayless sebelum pertarungan dimulai.

3. Byrd skor 0-3

Adalaide Byrd tercatat belum pernah ditugaskan menjadi juri di pertarungan Andre Berto. Sebaliknya, dia sudah tiga kali memberikan penilaian di pertarungan Mayweather.

4. Moretti 11-0

Ini adalah penugasan ke-11 Moretti di pertarungan Mayweather. Namun dia belum pernah memberikan penilaian di pertarungan Berto.

5. Weisfeld 0-3

Weisfeld adalah juri terakhir yang terpilih Komisi Atletik Nevada di pertarungan Mayweather versus Berto. Ini adalah pengalaman pertamanya mengawal duel Mayweather. Di sisi lain, Weisfeld pernah ditugaskan selama tiga kali di pertarungan Berto.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5956 seconds (0.1#10.140)