Peringatkan Rosberg, Red Bull Siap Kawal Hamilton Juara

Kamis, 24 November 2016 - 18:04 WIB
Peringatkan Rosberg, Red Bull Siap Kawal Hamilton Juara
Peringatkan Rosberg, Red Bull Siap Kawal Hamilton Juara
A A A
ABU DHABI - Nico Rosberg berpeluang besar merengkuh gelar juara dunia Formula 1 2016 saat berpacu di Grand Prix Abu Dhabi akhir pekan nanti. Namun, pembalap asal Jerman diperingkatkan agar tidak terlalu jemawa jika tidak ingin kehilangan trofinya.

Rosberg membawa keunggulan 12 poin dari rival sekaligus rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton jelang balapan di Sirkuit Yas Marina, Minggu (27/11/2016). Rosberg hanya butuh finis di podium untuk memastikan dirinya merengkuh trofi juara pertamanya di ajang Formula 1.

Jika bisa finis di podium, maka apapun hasil yang diraih Hamilton, sekalipun juara, tidak akan membuat Rosberg tergerus dari klasemen pembalap. Sementara syarat Hamilton untuk juara agak lebih berat, yakni mengharuskannya menang dan rekannya harus finis beberapa posisi di bawahnya.

Ada pun peluang Hamilton juga makin berat mengingat Rosberg adalah juara seri Abu Dhabi tahun lalu. Namun tetap saja, ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjegal Rosberg.

Bos tim Red Bull Christian Horner menilai, Rosberg bisa saja tersandung andai terlalu jemawa dan hanya berpikir cuma Hamilton pesaing di Sirkuit Yas Marina nanti. Ia menyebut dua drivernya, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, siap mengusik pembalap berusia 31 tahun untuk menuntaskan misinya finis di podium.

"Nico mengendarai mobil sambil memikirkan kejuaraan. Dia pria yang sedang naik daun tahun ini. Dia bisa memperoleh poin yang banyak dan mengumpulkannya," ucap Horner seperti dikutip Planet F1, Kamis (24/11/2016).

"Tapi Nico tidak mau masuk ke pertarungan lain. Dia mesti melihat kaca mobilnya (spion) lebih banyak saat masuk ke Turn 1. Bisa dilihat dua pembalap kami balapan tanpa beban dan bisa melewatinya dengan baik. Bisa anda bayangkan betapa pentingnya balapan ini bagi dia (Rosberg) ketimbang balapan lain," katanya.

Red Bull, lanjut Horner, bisa saja menjegal Rosberg jadi juara andai Hamilton menarik Verstappen dan Ricciardo dalam persaingan di Sirkuit Yas Marina. Jika bisa menempatkan dua pembalapnya di depan Rosberg, maka Red Bull bisa saja mengawal Hamilton jadi juara.

"Kita bisa jadi 'teman baik' Lewis Hamilton pada hari Minggu nanti jika berhasil menempatkan kedua mobil kami di depan Nico. Sebab, mereka akan fokus pada pertempuran mereka sendiri," sambungnya.

"Tidak ada gunanya Hamilton berada di depan dalam setengah lap. Kalau dia pintar, dia harusnya langsung tancap gas sehingga ada balapan sesungguhnya di belakangnya sebab hal itu yang bisa menjegal jalannya (Rosberg jadi juara). Intinya, balapan besok akan menarik," tutupnya. (Baca Juga: Button Tawari Hamilton Bantuan untuk Curangi Rosberg)
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3847 seconds (0.1#10.140)