Menpora: Gowes Pesona Nusantara Nikmati Kebhinekaan Melalui Olahraga

Sabtu, 13 Mei 2017 - 18:43 WIB
Menpora: Gowes Pesona Nusantara Nikmati Kebhinekaan Melalui Olahraga
Menpora: Gowes Pesona Nusantara Nikmati Kebhinekaan Melalui Olahraga
A A A
SABANG - Kehadiran Menpora Imam Nahrawi di Sabang menandai resminya perhelatan Gowes Pesona Nusantara 2017 yang akan melewati 90 kabupaten/Kota dengan jarak tempuh lebih dari 5000 Km. Setibanya di lapangan Yos Sudarso, Sabang, menggunakan Helikopter dari Banda Aceh, Menpora disambut ratusan pesepeda cilik.

Bersama sang istri Shobibah Rohmah dan didampingi juara dunia bulutangkis tahun 1983, 85 dan 86 Icuk Sugiarto, serta Walikota Sabang Dzulkifli Adam, Menteri asal Bangkalan, Madura itu bersepeda bersama menuju lokasi acara. Sekitar 10 ribu masyarakat yang memadati Sabang Fair sangat antusias terhadap event yang mengajak Ayo Olahraga ini, di depan masyarakat Sabang, Menpora mengakui bahwa dirinya merasa bersyukur mampu hadir di tanah yang begitu indah di ujung Indonesia yang merupakan titik 0 dati negara kesatuan ini.

"Kami selaku pemerintah mengucapkan terimakasih atas dukungannya, antusiasme masyarakat Sabang terhadap perhelatan akbar ini, sehingga hal tersebut pertanda bahwa mereka menjadikan olahraga sebagai solusi dan menjadi sebuah gaya hidup," tutur Menpora Imam Nahrawi dalam rilis yang diterima SINDOnews, Sabtu (13/5/2017).

"Kebersamaan masyarakat Sabang sangat luar biasa sehingga ini menandakan bahwa kita akan memulai sebuah karya besar dan fenomenal yang diawali dari Sabang, kota tercinta yang teduh, damai dan sangat bersahabat serta bisa menjadi rujukan untuk sebuah semangat sebagai sesama anak bangsa," tambahnya.

Menurut politisi asal PKB itu, melalui Gowes Pesona Nusantara ini kiranya mampu mendorong sekaligus mengeksplor tempat-tempat wisata di seluruh tanah air, selain itu pihaknya mengungkapkan bahwa rasa solidaritas sesama anak bangsa betul-betul kuat dan menikmati kebhinekaan yang ada melalui olahraga.

Menpora juga mengatakan jika Gowes Pesona Nusantara secara otomatis sudah menjadi sosialisasi Asian Games yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang 2018 mendatang, namun dirinya menuturkan jika spirit event se-Asia itu tidak hanya di dua kota tersebut, melainkan diseluruh daerah dan pelosok Indonesia.

Di sisi lain, selain mengkampanyekan Ayo Olahraga yang menjadi program andalan Kemenpora, melalui Gowes Pesona Nusantara ini membawa pesan moral kebanggaan akan Tanah Air, di mana Tanah dan Air yang dibawa dari Sabang, akan disatukan oleh Tanah dan Air dari daerah yang dilewati. Sehingga nantinya akan dijadikan monumen Tanah Air Nusantara yang terletak di area Gunung Tidar, Jawa Tengah.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8595 seconds (0.1#10.140)