Pecatur Israel Ditolak Masuk Arab Saudi

Rabu, 27 Desember 2017 - 17:04 WIB
Pecatur Israel Ditolak Masuk Arab Saudi
Pecatur Israel Ditolak Masuk Arab Saudi
A A A
DUBAI - Pecatur Israel batal tampil di Turnamen Catur Internasional 2017 yang berlangsung Arab Saudi. Pasalnya, para atlet Israel tidak mendapat visa untuk berpartisipasi dalam turnamen.

Federasi Catur Dunia (FIDE) sebetulnya memiliki aturan untuk tidak menolak atlet calon peserta turnamen. Oleh karenanya, Federasi Catur Israel meminta ganti rugi atas kondisi yang mereka alami di turnamen bertajuk King Salman World Chess Championship 2017 .

Permasalahan visa sebetulnya tidak hanya dialami atlet Israel. Sejumlah calon peserta dari Iran dan Qatar juga terkendala masalah yang sama. Namun, pada akhirnya atlet dari Iran dan Qatar berhasil masuk Arab Saudi.

Pejabat Arab Saudi mengatakan penolakan atlet Israel untuk masuk ke negaranya sejalan dengan kebijakan luar negeri pemerintah setempat. Lewat media sosial, pejabat kedubes Saudi di AS, Fatimah Baeshen, memberi ikut menyinggung hal tersebut.


"Kerajaan telah mengeluarkan izin partisipasi kepada semua negara (untuk tampil di turnamen catur -red). Pengecualian, dimana Riyadh tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara tertentu," tulis Fatimah Baeshen tanpa menyebut Israel.

Sekadar informasi, turnamen catur internasional tersebut merupakan turnamen kilat dunia Raja Salman yang notabene merupakan turnamen catur internasional pertama di Arab Saudi.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7291 seconds (0.1#10.140)