Rekor Tidak Mendukung, Tim Tunggal Putra Tetap Yakin Kalahkan India

Senin, 20 Agustus 2018 - 05:16 WIB
Rekor Tidak Mendukung, Tim Tunggal Putra Tetap Yakin Kalahkan India
Rekor Tidak Mendukung, Tim Tunggal Putra Tetap Yakin Kalahkan India
A A A
JAKARTA - Babak perempat final melawan India akan menjadi pertandingan pertama tim putra Indonesia di cabang olahraga bulutangkis Asian Games 2018. Pertempuran akan berlangsung di Jakarta, Senin (20/8).

Tim Merah Putih tetap harus berhati-hati dalam menghadapi India, terutama di sektor tunggal, meskipun di atas kertas masih lebih unggul. Saat ini, Indonesia menempati unggulan kedua, sementara India keenam.

Kali ini, India memiliki kekuatan lima pemain tunggal, yakni pemain peringkat delapan dunia Srikanth Kidambi, Prannoy H.S (11), Sameer Verma (21), Sai Praneeth Bhamidipati (24) dan Sourabh Verma (55). Indonesia mempunyai tiga wakil, yaitu Anthony Sinisuka Ginting (12), Jonatan Christie (13) dan Ihsan Maulana Mustofa (39).

Peluang Indonesia tidak sepenuhnya tertutup dalam memainkan laga tunggal, kendati dari rekor head-to-head tidak begitu menguntungkan. "Peluang ketiga tunggal putra tetap ada, pertandingan akan ramai, kansnya 50-50. Kalau dilihat head-to-head juga ramai," kata Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI, Hendry Saputra di laman Badminton Indonesia.

"Menghadapi tunggal India, semua sudah harus maksimalkan penampilan dari awal. Mulai dari teknik, mental, tidak boleh lagi coba-coba. Di pertandingan ini, siapa yang ulet, dia yang akan menang," ulasnya.

Lebih lanjut, Hendry menargetkan minimal bisa menyumbang dua poin kemenangan, kalau satu itu wajib.

Sementara itu, di sektor ganda, Indonesia mempunyai kans yang lebih besar untuk menyapu bersih kemenangan. Indonesia diperkuat pasangan nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, lalu pasangan nomor sembilan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Pada pihak seberang, India bakal menurunkan pasangan peringkat 23 dunia, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan pasangan ranking 28, Manu Attri/Sumeeth Reddy Buss.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9012 seconds (0.1#10.140)