Presiden Jokowi Resmi Buka PON XXI Aceh-Sumut 2024

Senin, 09 September 2024 - 22:22 WIB
loading...
Presiden Jokowi Resmi...
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Foto/Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden
A A A
BANDA ACEH - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 . Peresmian itu dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam WIB.

Upacara pembukaan diawali dengan pertunjukan budaya, sejarah, dan tradisi khas Aceh. Ada tarian yang bertajuk ‘Aceh Seumapa’ dan nyanyian lagu daerah khas Aceh Bungong Jeumpa.

Setelah itu, sebanyak 39 kontingen yang terdiri dari 38 provinsi, serta Kontingen Nusantara sebagai tamu memperkenalkan diri. Parade atlet ini berlangsung di Stadion Harapan Bangsa dan Stadion Baharudin Siregar.



Upacara pembukaan ini kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang diantar oleh enam atlet. Keenamnya adalah Murisnawati (mantan atlet anggar), Mardani (mantan atlet anggar), Cut Risna Arita (atlet anggar), Reza Pahlevi (atlet balap motor), Muhammad Iqbal (atlet tarung derajat), dan Maimun (atlet pencak silat).

Pembacaan janji atlet dan wasit lalu dilakukan setelah pengibaran bendera KONI. Selepas itu, Hymne PON dikumandangkan.

Sambutan-sambutan dari Penjabat Gubernur Aceh dan Sumatera Utara, Ketua Umum KONI Pusat serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo melengkapi upacara pembukaan.

Presiden Jokowi kemudian membacakan pidato yang sekaligus meresmikan ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 dimulai. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya ajang olahraga ini sebagai ajang mempererat tali persaudaraan sebangsa se-Tanah Air.



“Salam olahraga! Malam ini kita semua bergembira, mala mini kita semua bersemangat menyambut pesta olahraga terbsesar di Tanah Air Indonesia. Malam ini saya ingin menyampaikan terima kasih untuk pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON,” kata Presiden Jokowi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)