Nih jawaban Pirelli seputar tes rahasia

Jum'at, 31 Mei 2013 - 21:58 WIB
Nih jawaban Pirelli seputar tes rahasia
Nih jawaban Pirelli seputar tes rahasia
A A A
Sindonews.com - Pemasok ban F1, Pirelli mulai mengecilkan keadaan yang sedang memanas di balapan jet darat musim ini. Mereka mengklaim pengujian ban rahasia yang dilakukan Mercedes, bukan merupakan ban yang akan digunakan pada musim ini. Sehingga permasalahan yang selama ini terjadi tidak harus dibesar-besarkan.

Pengujian tersebut sempat membuat sejumlah pihak menuding, jika keberhasilan Mercedes merebut podium pertama di Grand Prix Monaco akhir pekan kemarin. Terkait pengujian ban yang pernah dilakukan mereka seusai balapan di Sirkuit The Catalunya. Akibatnya menyebabkan protes dari Red Bull dan Ferrari, bahkan kedua tim ini membawa masalah ini ke Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Tim tidak memperoleh keuntungan apapun dari pengujian yang dilakukan sebelumnya tentang ban. Pasalnya, ujicoba itu dilakukan dengan senyawa dasar, dan 12 struktur berbeda yang belum pernah digunakan pada tahun 2013," bantahan Pirelli seputar pengujian rahasia seperti dilansir Planetf1, Jumat (31/5/2013).

"Tidak ada tes dilakukan untuk tujuan meningkatkan mobil tertentu, tetapi hanya untuk menemukan solusi ban pada balapan di tahun depan," sambung pernyataan tersebut ketika memberikan jawaban kepada FIA.

Pemasok ban asal Italia tersebut mengklaim jika meraka selalu menghormati aturan kontrak dari olahraga jet darat ini. Sehingga tidak mungkin bagi Pirelli untuk "menabrak" aturan yang ada. Namun Pirelli mengaku perjanjian yang ada di dalam kontrak atau melakukan pengujian dengan seluruh tim, bukan solusi yang tepat dan tidak mungkin untuk dijalankannya.

"Pengujian dilakukan dengan memperhatikan kontrak antara Pirelli dengan FIA, yang memberikan kesempatan pada seluruh tim untuk melakukan tes pengujian ban tanpa menentukan jenis mobil yang akan digunakan. Dalam hal ini, Pirelli sejak tahun 2010 sudah berkomitmen bahwa tidak mungkin dan tidak akan berjalan dengan baik, jika tetap melakukan tes secara bersamaan dengan seluruh tim," tutup pernyataan tersebut.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5095 seconds (0.1#10.140)