Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF 2024, Libas Laos 6-1

Kamis, 27 Juni 2024 - 21:56 WIB
loading...
Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF 2024, Libas Laos 6-1
Timnas Indonesia U-16 berhasil menundukkan Laos di ajang Piala AFF 2024. Foto/ @Instagram lff_official)
A A A
SOLO - Timnas Indonesia U-16 berhasil memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2024. Kepastian ini didapat setelah tim asuhan Nova Arianto melibas Timnas Laos U-16 dengan skor telak 6 -1 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024).

Tambahan tiga angka membuat Indonesia menorehkan hasil sempurna dari tiga pertandingan Grup A. Sedangkan Laos yang menempati posisi dua, masih memiliki kesempatan lolos dengan status runner-up terbaik.

Tampil di depan pendukung sendiri, Timnas Indonesia U-16 justru harus tertinggal lebih dulu dari Laos. Phayak Siphanom berhasil menceploskan bola ke gawang Mohd Nur Ichsan melalui titik putih di menit enam. Tim tamu mendapat hadiah penalti menyusul Mathew Ryan Baker menjatuhkan pemain Laos di kotak terlarang.

Namun tuan rumah merespon cepat. Timnas Indonesia U-16 berhasil menyamakan kedudukan pada menit 23 melalui penalti Muhammad Zahaby Gholy.



Berselang tujuh menit, Indonesia bisa membalikkan keadaan. Berawal dari skema tembakan penjuru, umpan Fabio Azkairawan disundul pemain Laos, Vansavath yang justru masuk ke gawang sendiri. Skor sementara 2 - 1 untuk tuan rumah.

Berhasil membalikkan keadaan, membuat Indonesia semakin nyaman dalam menggempur pertahanan tim tamu. Memasuki menit 36, aksi Josh Holong dari sisi kanan, melepaskan umpan tarik ke kotak penalti, sayang belum bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekannya.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol ketiga satu menit berselang. Lemparan panjang Fabio menciptakan kemelut di depan gawang Laos, yang berhasil dituntaskan dengan baik oleh Josh.

Di masa injury time, Fabio kembali memberikan assist untuk gol keempat Indonesia. Tendangan bebasnya berhasil dimanfaatkan kapten Putu Panji untuk menutup babak pertama dengan keunggulan 4 - 1.

Memasuki paruh kedua, Indonesia sama sekali tidak mengendurkan serangan mereka. Enam menit pasca turun minum, Indonesia sejatinya bisa menambah keunggulan melalui tandangan bebas Gholy. Sayang gol tersebut dianulir lantaran terjadi offside.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0734 seconds (0.1#10.140)
pixels