Yuk! Kenalan dengan Shakti, Maskot Anyar Timnas Indonesia

Minggu, 04 Agustus 2024 - 11:47 WIB
loading...
Yuk! Kenalan dengan...
Shakti, Maskot Anyar Timnas Indonesia. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - PSSI telah resmi mengumumkan maskot baru Timnas Indonesia yang bernama Shakti. Lantas, apa makna di balik maskot burung garuda itu?

Dilansir dari laman resmi PSSI , Minggu (4/8/2024), Shakti merupakan burung Garuda yang berkepala putih dan memakai jersey merah khas Timnas Indonesia. Is Yuniarto, sang pembuat maskot, mengungkapkan bahwa Shakti merupakan simbol identitas berbagai wilayah di Tanah Air.

Selain itu Shakti representasi semangat tradisi Nusantara, yakni: usaha, kekuatan, optimisme dan bersahaja. Sosoknya dibuat dengan elemen warna merah putih yang dominan yang memiliki pesan serta identitas negara Indonesia.

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru: Peringkat Timnas Indonesia Naik

Pada bagian dahi, Shakti memiliki lambang tali perut ikan berwarna biru yang merupakan motif ukir khas suku Asmat, Papua, Afuiyak Wow. Maknanya adalah untuk hidup manusia harus berusaha.

Di bagian sayap samping kepalanya, terdapat corak batik khas Yogyakarta dan Solo bernama Batik Gurdo yang bermakna kekuatan. Sementara Mata Shakti terinspirasi dari salah satu bentuk mata wayang kulit yang disebut dengan Netra Thelengan.

Paruh dirajah corak ragam hias songket khas Minang dan daerah Sumatera yang dinamakan Pucuak Rabuang. Berbagai lambang dan makna tersebut pun bersatu padu dalam sosok Shakti sang Garuda.

Shakti sendiri terpilih setelah PSSI membuka sayembara maskot untuk Timnas Indonesia. Sebanyak 388 peserta yang mendaftarkan karyanya, terdapat 8 karya terbaik pilihan para juri yang kemudian dilakukan pemungutan suara secara umum dan terbuka untuk menentukan tiga terbaik di antara mereka.

Hasilnya, ‘Shakti’ masuk dalam posisi tiga besar. Dia bersaing dengan ‘Sigara’ karya Moh. Fadel dan ‘Gatara’ yang dibuat oleh Hamdan Dwi Prasetya.

Kemudian, ketiga finalis menjelaskan filosofi dari maskot karya mereka masing-masing dalam acara penjurian yang diselenggarakan di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada akhir Juli lalu. Setelah melalui proses panjang, pada akhirnya Shakti dinobatkan sebagai pemenangnya sehingga dia menjadi maskot Timnas Indonesia.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)