8 Pemain Naturalisasi di Indonesia, Siapa Terbaik hingga Terburuk?

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 18:30 WIB
loading...
A A A
5. Raphael Maitimo
Pemain keturunan Belanda ini menyeberang dari Arema FC ke Persib pada 2017. Hanya semusim bersama Persib, ia meninggalkan catatan koleksi 10 gol.

Meski tak membawa Persib juara, Maitimo mencatatkan sejarah. Ia jadi pemain naturalisasi pertama yang mencetak hattrick untuk Persib.

Tiga gol itu dilesakkan ke gawang Persegres Gresik United pada Liga 1 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada 20 Agustus 2017. Saat itu, laga berakhir 6-0 untuk kemenangan Persib.

4. Victor Igbonefo
Pemain naturalisasi kelahiran Nigeria ini jadi bagian Persib pada musim 2018 di era pelatih Mario Gomez. Sempat hengkang di akhir musim, Igbonefo kembali ke Persib pada 2020 dan bertahan hingga kini.

Capaian sukses Igbonefo adalah membawa Persib jadi juara paruh musim Liga 1 2018. Namun, di akhir musim, Persib gagal meraih juara. Meski begitu, ia bisa membawa Persib jadi runner up Piala Menpora 2021.

3. Esteban Vizcarra
Pemain kaya pengalaman di Indonesia ini jadi bagian Persib sejak 2019 hingga kini. Namun, nasib Vizcarra seperti kurang beruntung di Persib karena belum merasakan gelar juara.

Pencapaian terbaiknya bersama Persib adalah membawa Persib melaju ke final Piala Menpora 2021. Sialnya, di final, Persib kalah oleh Persija Jakarta.

2. Fabiano Beltrame
Pemain asal Brasil yang sudah berstatus WNI ini bisa dibilang kategori gagal bersama Persib. Sebab, ketimbang bermain, ia lebih banyak menghabiskan waktu untuk latihan di Persib.

Ia didatangkan dari Madura United pada kompetisi musim 2019. Saat itu, Persib begitu percaya diri Fabiano bakal berstatus WNI sebelum kompetisi dimulai.

Nyatanya, status WNI itu tak didapatkan sesuai harapan. Ia baru jadi WNI pada 16 Desember 2019. Otomatis, selama semusim, ia hanya berlatih bersama Persib.

Hal itu karena slot pemain asing Persib saat itu sudah penuh. Sedangkan Fabiano sejak awal direkrut karena diyakini akan berstatus pemain lokal.

Sialnya, di kompetisi musim 2020, Fabiano yang sudah bisa bermain untuk Persib dengan status WNI-nya, justru tak mendapat kepercayaan. Ia hanya bermain sekali, itu pun cuma satu menit. Kompetisi akhirnya dihentikan meski baru tiga laga karena pandemi COVID-19.

Namun, sebelumnya, ia sempat bermain untuk Persib di turnamen Asia Challenge 2020 di Selangor, Malaysia pada Januari 2020. Saat itu, ia bermain dalam dua laga.

Menjelang bergulirnya Piala Menpora 2021, Persib memutuskan tak memperpanjang kontrak Fabiano. Ia pun hengkang ke PSS dan di sana membuktikan diri kemampuannya belum habis meski tergolong sudah tua untuk ukuran pesepakbola.

1. Ezra Walian
Pemain keturunan Belanda ini jadi rekrutmen pemain naturalisasi terakhir Persib. Ia bergabung setelah meninggalkan PSM Makassar jelang bergulirnya Piala Menpora 2021.

Bersama Persib, ia tampil cukup gemilang dengan mengoleksi tiga gol di turnamen pramusim tersebut. Namun, ia hanya bisa membawa Persib jadi runner up.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)
pixels